Drama Ala Santri

Saiful Bahri
5 Min Read

30 Sept 2023 ini jadwal perpulangan santri di Pesantren Peradaban Dunia JAGAT ‘ARSY, padahal biasanya ada agenda tahunan setiap tanggal ini.

Agenda ini rasanya nggak banyak lagi dilakukan di sekolah maupun pesantren lain yang ngelakuin. Tapi pesantren Jagat ‘Arsy sebagai ikhtiar untuk menjadi pesantren terbaik yang mendidik santrinya menjadi generasi terbaik bagi agama dan negara tetap melakukan kebiasaan ini. 

Kegiatan apa sih? Hehehe, kegiatan zaman orde baru sih sebenarnya ini, tapi tetap kami lestarikan ?

Nonton film sejarah G-30S PKI atau kalau bahasa bapak saya Gestapu, yang kepanjangan pas nya apa masih bikin penasaran dan pengen ditanyain ke chat gpt, ai si paling suka menjawab itu lhooo.

Udah pada kenal chat gpt-kah? Dijamin langsung geleng-geleng deh… ?

Bagi yang sudah nonton film-nya mungkin langsung kebayang ya….

Film dengan durasi tiga jam dengan artis, teknik pengambilan gambar, kualitas akting serta serba serbi film yang menggambarkan peristiwa tahun 1965 dan digarap tahun 1984 itu di tonton anak zaman sekarang yang kualitas tontonnya udah level top bin canggih. 

Penasaran nggak gimana respon mereka diajak nonton beginian? 

Si penyuka pelajaran sejarah dan civic akan stay paling depan pastinya. Terus, baris setelahnya para penyuka masa lalu, disusul para penyuka genre film trailer dan baru dibelakang mereka kaum-kaum dengan kesukaan yang berbeda-beda. 

Yang setengah hati nonton juga ada dibarisan ini pastinya ?

Itu beneran 3 jam nontonnya? Kuat semua kah?

Tentu kuat dong, dan sangat menikmati malah, tapi hanya pada tiga baris depan. Sisanya mulai berguguran dengan bentuk dan gaya yang kocak-kocak. 

Yang ngantuk ada, yang nangis ada, yang teriak-teriak istighfar banyak, terutama saat adegan penyiksaan para jenderal oleh antek PKI. 

Yang pose ngantuk cantik di boneka lucu-lucu yang dibawa saat nonton pun ada. ?

Sebelum lanjut kita disclaimer dulu ya, biar enak dan nyaman untuk semua orang. ?

Terlepas dari temuan setelahnya serta kontroversi yang muncul dari film ini, tujuan kami mengajak nonton anak-anak adalah murni untuk mengenang sejarah dan menghargai jasa pahlawan. 

Harapannya, para santri akan terinspirasi untuk berkarya sangat maksimal, sampai titik terakhir kemampuan mereka sebagaimana para jenderal yang berkorban untuk mempertahankan pancasila sampai disiksa hingga di kubur di lubang buaya.

Nah, karena minggu ini jadwal perpulangan santri, maka kegiatan menontonnya dimajukan jadwalnya dan dengan cara penyajian yang berbeda juga. 

Lebih relate, lebih nyata dan yang pasti tidak membosankan karena selain durasi yang dipangkas menjadi satu jam juga dikemas sangat kekinian dan banyak banget santri yang terlibat dalam kegiatan ini. 

Mulai dari kelas 7 sampai kelas 12 tumplek blek menjadi bagian dari pagelaran ini. Ada yang jadi pemeran, ada yang pengisi acara yang pelaksana lapangan yang terbagi dalam banyak divisi. 

Waaaoooo, kegiatan apakah itu? ?

Jadi anak-anak membuat pertunjukan teater yang mengisahkan penculikan tujuh jenderal yang berhasil membuat kami seluruh warga Jagat speechless saking kerennya. 

Bahkan sampai sekarang obrolan seluruh warga  kolong Jagat ‘Arsy entah dunia maya dan dunia nyata masih hangat membicarakan ini. 

Banyak banget angle, part, peran, bts dan serba serbi kegiatan ini yang ngga habis buat dibahas. Semuanya seru, semuanya menarik, sampai-sampai obrolan Friday Podcast di ‘Arsy edutainment ngga cukup waktu buat bahas ini. 

Dan amazingnya lagi, salah satu postingan di akun tik tok pesantren Jagat `Arsy yang menampilkan salah satu part drama ini menembus hampir 1 juta view. 

Sudahlah…

Yang penasaran cuss klik link berikut aja https://youtu.be/NS7s47Jl0Z0?feature=shared biar merasakan sendiri feel dari drama ini.

Sungguh lagi-lagi menjadi validasi bahwa memang pesantren Jagat `Arsy adalah pesantren terbaik dengan memfasilitasi serta memberikan kesempatan kepada para santrinya untuk menggali potensi sekaligus mengekspresikan apa yang menjadi keinginan mereka. 

Program-program unik dan menarik seperti inilah sejatinya yang membuat anak-anak zaman ini butuhkan untuk tetap bisa lurus dan eksis dalam mengimbangi perkembangan teknologi yang tidak terbendung. 

Lalu, masihkah ada pesantren yang lebih baik dari Jagat `Arsy? 

Sungguh tidak ada… 

Alloh berkahi kita, semuanya, segalanya, selamanya. Amiin. 

 

Follow:
Teacher
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content