Blog Post

Facebook
WhatsApp
Print

Mereka bertanggung jawab terhadap putusan yang mereka ambil dan mereka menyadari konsekuensinya sepenuhnya.

5 Desember 2019. Setelah memanfaatkan hari pertama untuk melakukan kunjungan ke kampus-kampus ternama di Bangkok, saatnya untuk menjelajah tourism objects yang merupakan landmark negara Thailand.
Peserta dan pendamping program overseas 3 negara telah bersiap sejak pagi hari untuk menuju daerah wisata yang merupakan tujuan mereka di hari kedua di Bangkok.
The Grand Palace, Wat Pho dan Wat Arun adalah tiga landmark Thailand yang ada di itinerary untuk dikunjungi. Untuk menuju ke Wat Arun mereka harus merasakan pengalaman menyeberangi sungai Chao Phraya. Menggunakan perahu mereka bisa ke Wat Arun atau yang biasa disebut dengan Temple of Dawn.
Lokasi pertama yang dikunjungi adalah lokasi The Grand Palace berada. Setelah itu dilanjutkan perjalanan menuju Wat Pho. Dari Wat Pho mereka menuju Tha Tien Pier atau Pier 8. Disana mereka membeli tiket perahu yang menjadi sarana mereka menyeberangi Chao Phraya River menuju lokasi dimana Wat Arun berada. Biaya tiket perahu ini sangat terjangkau dan perjalanan menyeberangi Chao Phraya River ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.
Perjalan untuk berkeliling di tiga lokasi tersebut di atas sendiri telah memakan waktu hampir seharian. Cuaca yang sangat panas membuat para santri merajuk untuk ngadem (mendinginkan diri) ke tempat dengan pendingin ruangan.
Hal ini membuat para pendamping memutuskan untuk membawa anak-anak ke Siam Paragon untuk mendinginkan diri dari panasnya udara dan sinar matahari di Bangkok. Butuh perjuangan memang, meskipun anak-anak sudah terbiasa dengan cuaca panas di BSD, atau tempat mereka tinggal di Indonesia, mereka masih belum terbiasa dengan teriknya kota Bangkok.
City tour hari ini tidak semaksimal yang diharapkan, namun demikian anak-anak tahu dan dalam memutuskan sesuatu anak-anak selalu dilibatkan. Keputusan yang diambil merupakan musyawarah antara peserta dan pendamping jadi anak-anak mengerti dan paham konsekuensi atas keputusan yang diambil.
Dari Siam Paragon mereka kembali ke hotel tempat mereka menginap di Bangkok. Sama dengan hari-hari sebelumnya, kegiatan yang telah dilaksanakan memberikan pelajaran bagi masing-masing santri yang ikut. Pelajaran untuk mengerti dan memahami setiap konsekuensi dari tindakan yang dilakukan dan keputusan yang diambil.
Alhamdulillaah para pendamping istiqomah menjadi pendidik yang sebenarnya dengan memberikan pendidikan hidup terbaik bagi para peserta overseas 3 negara kali ini.

_indri

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 IT Team JAGAT ARSY
Saiful Bahri | All rights reserved.

PESERTA DIDIK ADALAH SEBENAR-BENAR SUBJEK PENDIDIKAN

Copyright © 2022 IT Team JAGAT ARSY
Saiful Bahri | All rights reserved.
Skip to content